Minggu, 18 Januari 2015

Analisis Kemasan dan Labeling Produk Tolak Angin


Halo, pada hari ini saya akan mengkaji dan menganalisis produk Tolak Angin dari segi design kemasan dan label produk dan beberapa informasi mengenai produk Tolak Angin.
 Tolak Angin adalah obat herbal yang berguna untuk meredakan masuk angin, perut mual, tenggorokan kering dan badan terasa dingin. Nah, Tolak Angin sendiri dibuat oleh pendiri Sido Muncul pada tahun 1930 yaitu Ibu Rahmat Sulistyo. Tolak Angin dibuat dari tumbuh-tumbuhan herbal dan madu serta ramuan lainnya. Tolak Angin juga dikenal lewat jargonnya: orang pintar minum Tolak Angin
Tolak Angin Tersedia 2 Varian. Tolak Angin Flu Dan Tolak Angin Anak

Sekarang saya akan membahas labeling dari produk Fresh Care, pada labeling memiliki unsur – unsur sebagai berikut :
1. Logo :
  Tolak Angintelah menggunakan logo yang tepat, sudah menggambarkan produk tersebut secara keseluruhan. Logo tolak angin tercantum bersamaan dengan nama produk pada bagian depan kemasan.
2. Nama produk :
  Tolak anagin adalah nama produk yang sesuai dengan kegunaan produk tersebut, selain untuk meredakan masuk angin, perut mual dan menghangat badan saat terasa dingin. Nama produk tolak angin tercantum bersamaan dengan nama produk pada bagian depan kemasan.

3. Jenis produk :
  Tolak angin merupakan jamu yang berjenis cair dan siap saji untuk langsung di konsumsi. Jenis produknya terdapat pada bagian depan kemasan bersamaan dengan logo dan nama produk.

4. Logo Halal :
  Tolak Angin tidak memiliki logo halal pada kemasan produk.

5. Berat Netto :
  Tolak Angin menaruh berat netto produk mereka di bagian paling depan dari kemasannya bersamaan dengan logo, nama produk dan jenis produk. Berat netto produk fresh care adalah 15ml.

6. Perizinan :
Jelas tolak angin telah mempunyai perijinan produk karena telah masuk ke pasar Internasional.

7. Penjelasan produk :
  Tolak Angin menyediakan penjelasan dari produknya, seperti kegunaan, cara pakai dll ada pada bagian belakang kemasan.

8. Expire date :
Expire date dari produk dicantumkan pada bagian belakang kemasan, tanggal yang tercantum pada bagian belakang kemasan menunjukan batas akhir produk aman digunakan.

9. Barcode :
Barcode terletak pada bagian samping kemasan. Barcode berguna saat di supermarket, barcode reader ini biasanya digunakan oleh kasir dalam pencatatan transaksi oleh customer.

10. Komposisi : 

Komposisi Tolak Angin tercantum pada bagian belakang kemasan.

11. Alamat dan keterangan produsen :
 Alamat: Jl Soekarno Hatta Km 28 Kec Bergas – Klepu, Semarang Indonesia.
 Kantor Pemasaran PT SidoMuncul.
Alamat: Jl Cipete Raya No 81 Jakarta 12410, Indonesia.

-Kantor Pusat PT. Sido Muncul
Alamat: Jalan Industri  No.2/19 Kompleks LIK - Semarang, jawa tengah

Menurut saya Tolak Angin sebagai produk yang sudah melakukan atributnya sebagaimestinya. Telah membuat produk yang terpadu antara produk, kemasan dan labelingnya. Kegunaannya pun tidak kalah dengan kemasannya yang menarik juga. Target pasar Tolak Angin pun sangat luas, karena tidak menutup kemungkinan bagi segala kalangan,segala usia dan gender apapun bisa menggunakannya. Varian aromanyapun sudah dikembangkan terus menerus.

Saya berharap PT. Sido Muncul dapat terus berinovasi demi kelangsungan dan kemajuan produk Tolak Angin ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar